Artikel

VERIFIKASI OPEN DEFECATION FREE (ODF) OLEH DINAS KESEHATAN KABUPATEN

04 Juli 2022 14:42:44  Administrator  345 Kali Dibaca  Berita Lokal

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Dalam upaya untuk terciptanya sanitasi lingkungan yang sehat, maka pada hari Rabu, 29 Juni 2022 telah dilakukan Verifikasi ODF oleh Tim Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo yang di ketuai Ibu Poniyem dan beranggotakan saudara Imelda dan Agam. Acara Verifikasi ODF juga dihadiri oleh Camat Banyuurip Bapak Siswantoro Dwi Nugroho, S.STP, MM, Pengurus BPD Desa Kliwonan dan juga dari Kepala UPT Puskesmas Seborokrapyak drg. Maharani Mantusiana. Tim verifikasi dibagi menjadi 3 untuk masing-masing dusun yang didampingi oleh Pemdes Kliwonan dan juga dari Babinkamtibmas dan Babinsa serta Kader Kesehatan. Untuk setiap Tim mensurvey 8 - 10 rumah untuk dicek penggunaan jambannya, apakah sudah masuk kaegori jamban sehat atau belum. Jamban sehat yang dimaksud adalah tempat pembuangan tinja sudah menggunakan septiktank. Dari hasil pengamatan di lapangan ditemukan 10 rumah yang belum mempunyai jamban sehat. 

Pemerintah Desa Kliwonan, BPD, Puskesmas dan Tim Verifikasi DKK Purworejo melakukan diskusi dalam upaya desa bebas ODF tahun ini dan berusaha untuk konsisten dalam rangka mendukung kondisi sanitasi dasar yang aman dan layak serta sehat bagi warga desa dengan akan melakukan re-alokasi anggaran pada APBDes Tahun 2022. Dengan Membaiknya tingkat sanitasi lingkungan serta perilaku masyarakat yang sehat diharapkan derajat kesehatan masyarakat pun akan meningkat.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Pemkab Purworejo

   

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Kenteng-Seborokrapyak Km.05 Kliwonan
Desa : Kliwonan
Kecamatan : Banyuurip
Kabupaten : Purworejo
Kodepos : 54171
Telepon :
Email : pemdeskliwonan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:136
    Kemarin:43
    Total Pengunjung:50.657
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.233.223.189
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel