Artikel

HADAPI PERUBAHAN IKLIM, KELOMPOK TANI MARGO MULYO DESA KLIWONAN MELAKSANAKAN KEGIATAN SL-CSA SIMURP

02 Juni 2022 09:26:15  Administrator  275 Kali Dibaca  Berita Lokal

Perubahan iklim membuat cuaca menjadi sulit ditebak untuk itu, Petanipun harus bisa mengantisipasinya. Dengan hadirnya pertanian cerdas iklim Climate Smart Agriculture/CSA diharapkan dapat meningkatkan produktifitas tanaman dan pendapatan Petani.

Csa merupakan pendekatan yang mentransformasikandan mengorientasikan ulang sistemproduksi pertanian, sehingga sistem produksi pertanian, mendukung pertanian yangberkelanjutan yang dapat memastikan ketahanan pangan dalam kondisi perubahan iklim.

Keberhasilan pembangunan pertanian di Indonesia salah satunya dicirikan melalui penerapan teknologi pertanian di tingkat petani. tetapi saat ini kapasitas penerapan tehnologi masih perlu ditingkatkan.

Apalagi dengan adanya dampak perubahan iklim yang saat ini semakin ekstrim. Misalnya cuaca tidak menentu akibat kekeringan dan curah hujan tinggi serta terus menerus yang mengakibatkan banjir, ledakan hama dan penyakit bisa menyebabkan gagal panen.

Perubahan pola musim hujan dan kemarau yang semakin tidak menentu dapat mempengaruhi kegiatan budidaya tanaman, sehingga menyebabkan penurunan produktifitas, produksi dan mutu hasil pertanian karena itu,climate change menjadi ancaman yang seriusj ika tidak segera diantisipasi dalam dunia pertanian.

Sejalan hal tersebut  Kelompok Tani Margo Mulyo Desa Kliwonan ,kecamatan Banyuurip, kabupaten purworejo melaksanakan kegiatan SL-CSA SIMURP tujuanya untuk mempersiapkan dan meningkatkankapasitas pengetahuan dan ketrampilan tentang pertanian cerdas iklim.

Selain itu, penetapan waktu tanam berdasarkan kalender tanam,pembuatan dan penggunaan pupuk organik,mol,menentukan varietas unggul adatif padi cekaman iklim.

Petani diajak mengembangkan kelembagaan petani dalam mendukung penerapan tehnologi CSA, penggunaan bibit muda, tanam jajar legowo, petani juga diajarkan tehnologi hemat air ( irigasi intermenten dan alternate wetting and Driying/AWD) dilahan, serta penerapan pengendalian OPT ramah lingkunganyang didampingi PPL Kecamatan Banyuurip ( mbak Anna)

Sistim tanam jajar legowo dilaksanakan di beberapa anggota kelompok tani Margo Mulyo seluas 1 hektar . Dan ada juga beberapa warga yang mencontoh sistim tanam jajar legowo ini, seperti di lahan sawah bapak Bambang Sri urip .  Semoga dengan sistim tanam petani cerdas ini dapat meningkatkan hasil para petani di Desa Kliwonan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Pemkab Purworejo

   

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Kenteng-Seborokrapyak Km.05 Kliwonan
Desa : Kliwonan
Kecamatan : Banyuurip
Kabupaten : Purworejo
Kodepos : 54171
Telepon :
Email : pemdeskliwonan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:10
    Kemarin:235
    Total Pengunjung:52.273
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.144.244.44
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel